Sedikit uneg-uneg

by Febryo on Wednesday, June 29, 2011

Tanpa bermaksud pelit pedit dan kikir, menurut gue konsep traktir-mentraktir di kehidupan pergaulan anak-anak muda kita sekarang cukup salah kaprah, setidaknya itu yang gue rasain di lingkungan pergaulan gue.

Lo baru jadian ya? Pajak jadian dulu nih!

Asik, ada yang ulang tahun. Trakteeeer!

Eh katanya lo jadi dean list di jurusan, traktir dong!

Cie yang baru keterima kerja. Makan-makan di mana kita?

Selama empat tahun kuliah, kalimat-kalimat begini sering banget beredar, baik di percakapan langsung, maupun di social media, dan menurut gue ini sangat mengganggu, sekalipun yang menjadi objek penderita (yang dimintain traktiran) bukan gue.

Kenapa menurut gue sangat mengganggu?

  1. Traktiran menurut gue adalah bentuk ungkapan rasa syukur seseorang yang seharusnya tidak perlu diminta. Jika yang bersangkutan merasa perlu, dia seharusnya dengan ikhlas dan jumawa tanpa perlu diminta bakal nraktir kok. Setidaknya gue begitu
  2. Minta-minta traktiran begitu menurut gue cukup tidak etis, karena lo tidak pernah tau kondisi keuangan teman yang lo mintain traktiran. Di balik pakaiannya yang branded, di balik gadget nya yang ciamik, di balik mobilnya yang mentereng, siapa yang tahu kalau sebenarnya dia sedang mengalami krisis keuangan berat. Who knows?
  3. Seringkali orang minta traktiran dengan ultra-gak-tau diri. Contohnya adalah yang gue tulis di atas di dua terakhir. Who the heck are you to ask me for a treat, you don’t even give a damn to what I get!
  4. Dan yang terakhir dan yang paling bikin gue gerah adalah: seharusnya kalau lo mau ditraktir, someday in different occasion, lo harus sedia balik mentraktir. Dan kebanyakan orang dengan busuknya cuma mau ditraktir. Menurut gue ini benar-benar super tai 2011.

Itu alasan mengapa gue jarang sekali bilang, “ayo makan-makan di mana nih kita? atau ayo traktir dong”, kalau ada yang ulang tahun. I prefer to greet them and wish good things for them, without asking for a treat, kecuali kepada teman yang benar-benar dekat atau keluarga. Karena ketika gue ditraktir, gue merasa perlu mentraktir kembali.

Kalau kata Savage Garden, I believe in karma: what you give is what you get return.

One comment

yo, kayaknya ini termasuk mengekspresikan perasaan ya? hehe kalau gitu lo ga perlu berubah banyak yo. anyway kalo ini bisa direblog langsung gw reblog deh saat ini juga. nice post yo! :D

by genn on August 13, 2011 at 7:23 PM. #

Leave your comment