Filosofi "Ryo"

by Febryo on Tuesday, August 2, 2011

Sejak kecil aku tidak pernah tahu arti namaku sebenarnya, memang tidak pernah aku tanyakan secara khusus kepada orangtua mengenai hal ini. Namaku sangat sederhana, hanya terdiri dari satu kata: Febryo. Yang aku tahu, kata "Feb" berasal dari bulan lahirku, Februari. Ryo? Aku tidak pernah tahu sampai akhirnya ketika ayahku datang berkunjung bulan lalu, saat sedang santap siang, beliau menceritakan arti namaku dengan sangat besemangat (benar-benar bersemangat).

Sebelumnya aku mengira bahwa nama "Ryo" diambil karena aku dilahirkan di Riau, ternyata ada filosofi yang lebih mendalam di balik itu.

Menurut ayahku, Ryo diambil dari bahasa portugis "rio" berarti "sungai", yang masih menurut ayahku, beliau terinspirasi dari Rio de Janeiro (dalam bahasa Portugis berarti Sungai Januari), ibukota negara Brazil. Dengan nama Ryo yang artinya sungai ini aku diharapkan tumbuh menjadi manusia yang mampu memberi manfaat tidak hanya bagi manusia, namun juga bagi makhluk Tuhan lain, ya, layaknya sungai. Juga diharapkan aku memiliki pemikiran yang panjang dan terus mengalir :')

Penasaran, aku coba google arti namaku, ternyata hasilnya:

Agamaku mengajarkan bahwa nama adalah doa, doa orangtua untuk anaknya. I'm very grateful to my parent for giving (and wishing) me a very good name (and prayers).

(Terinspirasi dari postingan temanku yang cantik, rini)Tautan

5 comments

ada namakuu disebut-sebut.. :)

by Rini Carolina Simanjuntak on August 2, 2011 at 6:39 PM. #

SALAH KETIK ! :D
kirain mamamu pecinta ryo febrian..jadi kamu dikasi nama rian febryo.. xixixixi :D

by Estiyani Windra on August 3, 2011 at 1:14 PM. #

:D

by Febryo on August 8, 2011 at 2:59 AM. #

fyi yo, aku baru tau kalo rio itu bahasa portugis setelah ngisi tts kompas dong. :))

by Anonymous on August 10, 2011 at 7:13 PM. #

Nama saya juga Rio, nama lengkapnya "Muh Rio Nisafa"
Muh = Muhammad = orang terpuji
Rio = Sungai = Aliran
Nisafa = gabungan nama ortu.Fa=family

Muh Rio Nisafa = mengalirnya keturunan orang terpuji dari keluarga.

by rio nisafa on May 28, 2012 at 12:12 PM. #

Leave your comment